Sabtu, 10 Januari 2009

Gus Dur: Waspadai Para 'Penunggang' Isu Israel


Ahad, 4 Januari 2009 15:09 Jakarta, NU Online
Mantan Ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengimbau masyarakat agar tidak gampang terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin memanfaatkan isu penyerangan Israel ke Palestina demi kepentingan kelompoknya.

Demikian pernyataan sikap mantan Presiden RI ke 4 ini dalam rilisnya di Jakarta, Ahad (4/1).

"Masyarakat jangan terprovokasi oleh pihak-pihak yang berusaha menunggangi isu Palestina ini yang tujuannya demi kepentingan kelompoknya sendiri," ujarnya.

Upaya terbaik untuk membantu tragedi kemanusiaan di Palestina menurutnya adalah pemberian bantuan semampunya dengan mengirimkan bantuan obatn-obatan dan kebutuhan asar lainnya. Tak lupa, Gus Dur juga meminta agar kaum muslimin memanjatkan doa bagi keselamatan rakyat Palestina.

Gus Dur juga menuntut agar PLO, Otoritas Palestina, dan Fatah di bawah kepemimpinan Presiden Mahmoud Abbas untuk tidak berdiam diri dan membiarkan serangan Israel yang ditujukan pada kelompok Hamas, yang merupakan saingan Fatah. "Apalagi memandang serangan Israel itu hanya sebagai urusan Hamas saja," ujarnya.

Bagi kelompok Hamas, Gus Dur meminta agar kelompok yang dikenal cukup radikal ini untuk meninggalkan cara-cara kekerasan sehingga kaum konservatif Israel tidak menjadikannya sebagai dalih melakukan pembalasan.

"Hamas perlu kembali pada perjuangan diplomatik dan perundingan bukan dengan jalur kekerasan yang hanya akan menjadikan rakyat Palestina sebagai korban," ujarnya.(mad)

0 comments:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and PDF Downloads